Tautan-tautan Akses

Senator Ted Kennedy Didiagnosis Mengidap Kanker Otak


Salah seorang annggota Senat Amerika yang terlama, negarawan kawakan politik liberal Amerika, Edward “Ted” Kennedy didiagnosis dengan tumor otak ganas.

Tim dokter mengumumkan diagnosis itu hari Selasa, tiga hari setelah senator Massachussetts berusia 76-tahun itu dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami kekejangan. Mereka mengatakan biopsi awal menunjukkan penyebab kekejangan itu sebagai sebuah glioma ganas pada sisi kiri otaknya.

Keputusan mengenai cara mengobati tumor itu akan dibuat setelah dilakukan beberapa tes kesehatan lagi. Kennedy adalah adik bungsu mendiang Presiden John F. Kennedy yang dibunuh tahun 1963. Kakak mereka yang seorang lagi, Senator Robert Kennedy, dibunuh tahun 1968.

Gedung Putih mengatakan Presiden Bush sangat sedih oleh diagnosis Kennedy dan akan berdoa untuk dia. Ketua DPR Amerika, Nancy Pelosi hari Selasa menggambarkan Kennedy sebagai seorang pejuang dan menyuarakan keyakinan ia akan berjuang melawan penyakit ini.

Bakal calon presiden Partai Demokrat Barack Obama menggambarkan Senator Kennedy sebagai seorang sahabat. Obama mengatakan ia barangkali tidak akan duduk dalam Senat kalau bukan lantaran isu-isu yang diperjuangkan selama bertahun-tahun. Obama baru-baru ini memperoleh dukungan dari sentaor Massachusetts itu.

Bakal calon presiden lainnya dari Partai Demokrat, Senator Hillary Clinton, mengatakan ketabahan dan Tekad Kenndey tidak ada tandingannya. Bakal calon presiden Partai Republik, Sebator McCaine, menyebut Kennedy, “satu-satunya anggota Senat yang paling efektif.”

Tim dokter mengatakan Senator berusia 76-tahun itu tidak mengalami kekejangan lagi dan bahwa kini kondisinya baik secara menyeluruh.

XS
SM
MD
LG