Tautan-tautan Akses

Zimbabwe Tolak Pihak Asing Pantau Pemilihan Presiden Tahap Kedua


Pemerintah Zimbabwe mengatakan akan menolak pemantau asing melakukan pemantauan pemilihan presiden tahap kedua, kecuali sanksi terhadap negara itu dicabut.

Media pemerintah melaporkan bahwa pemerintah tidak akan mengundang negara-negara Barat sebab pemerintah menganggap mereka sebagai “pemain” dalam politik Zimbabwe.

Kandidat oposisi Morgan Tsvangirai telah mengatakan dia akan kembali ke Zimbabwe untuk mengikuti pemilu tahap kedua melawan Presiden Robert Mugabe. Namun Tsvangirai bersikeras agar pemantau internasional dan penjaga perdamaian regional diizinkan memantau proses pemilu itu.

Menteri Kehakiman Patrick Chinamasa menolak syarat-syarat itu. Para pejabat pemilu juga mengatakan pemilihan babak kedua tidak akan diadakan dalam 21 hari dari pengumuman hasil pemilu babak pertama seperti disyaratkan oleh undang-undang. Ketua komisi pemilu George Chiweshe mengatakan para pejabat kemungkinan besar akan memperpanjang periode dimana pemungutan suara dapat dilangsungkan.

Tsvangirai telah berada di luar Zimbabwe sejak partainya, Gerakan Bagi Perubahan Demokratik mengalahkan partai pemerintah dalam pemilihan anggota parlemen bulan Maret yang lalu.

XS
SM
MD
LG