Tautan-tautan Akses

Tsvangirai akan Pulang ke Zimbabwe untuk Ikut Pemilu Kedua Lawan Mugabe


Pemimpin oposisi Zimbabwe Morgan Tsvangirai mengatakan ia akan kembali ke tanah airnya dalam waktu dekat untuk ambil bagian dalam pemilihan tahap kedua melawan Presiden Robert Mugabe.

Tsvangirai mengumumkan hal itu di Pretoria, Afrika Selatan, hari ini, dengan menetapkan sejumlah syarat. Ia meminta seluruh kekerasan dihentikan, para petugas pemelihara perdamaian dari Masyarakat Pembangunan Afrika Selatan dihadirkan, dan ada akses bagi para pengamat pemilu internasional dan media selama pemilihan tahap kedua.

Pemimpin oposisi Gerakan bagi Perubahan Demokratis ini mengatakan pemilihan tahap kedua harus berlangsung paling lambat 24 Mei mendatang.

Menteri Kehakiman Zimbabwe Patrick Chinamasa hari ini menolak campur tangan asing dalam pemilihan tahap kedua itu. Ia mengatakan, pemilu akan diadakan sesuai undang-undang pemilu negara itu.

Tsvangirai bersikukuh bahwa ia meraih kemenangan langsung dalam pemilihan presiden 29 Maret lalu. Komisi pemilu Zimbabwe menyatakan ia tidak meraih mayoritas suara.

XS
SM
MD
LG