Tautan-tautan Akses

Dunia Tawarkan Bantuan, Korban Tewas Topan di Birma 22 Ribu Lebih


Komunitas internasional menawarkan bantuan kepada Birma yang dikuasasi militer sementara angka kematian akibat topan tropis hari Sabtu bertambah menjadi hampir 22,500 lebih.

Palang Merah Internasional mengatakan angka kematian yang direvisi itu membuat Topan Tropis Nargis sebagai topan paling mematikan sejak 1991. Palang Merah Internasional mengeluarkan permohonan bantuan awal sebanyak 6-juta dolar untuk menyediakan penampungan darurat, air, kelambu dan lain-lain,

Seorang wakil PBB mengatakan staf PBB yang sudah berada di Birma kini membagi-bagikan perbekalan yang tadinya mereka gudangkan di wilayah negara itu. Ia mengatakan sebagaian perbekalan dan bantuan lain kini dibawa masuk ke Birma dari gudang-gudang regional, tetapi belum ada staf baru yang telah diberi visa masuk ke negara itu untuk memberi bantuan.

Jurubicara itu mengatakan sejumlah petugas bantuan darurat dari PBB dan berbagai organisasi lainnya kini menunggu izin di Bangkok, Thailand untuk bisa masuk ke Birma.

Program Pangan Sedunia dalam sebuah penyataan mengemukakan pihaknya sudah mulai membagi-bagikan 800 ton perbekalan dari gudang-gudangnya di Birma,. Tetapi sampai saat ini bantuan itu diberikan kepada orang di Rangoon dan sekitarnya karena daerah-daerah pesisir masih belum bisa terjangkau.

Sementara itu, Amerika telah menambah bantuannya kepada para korban topan tropis di Birma sebanyak tiga-juta dolar. Washington sudah menyumbang 250-ribu dolar bagi badan amal, dan Presiden Amerika George Bush hari Selasa mengatakan Amerika hendak berbuat lebih banyak lagi.

Bush hari Selasa pagi menyatakan “kesedihan mendalam” kepada rakyat Birma dan mengimbau pemerintah militer negara itu mengizinkan tim Amerika bagi penanggulangan bencana masuk ke negara itu.

Ia berkata demikian di Gedung Putih setelah menanda tangani ruu yang mengotorisasi pemberian tanda jasa Medali Emas Kongres kepada pemimpin oposisi Birma Aung San Suu Kyi.

Ia menggambarkan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian itu sebagai seorang wanita gagah-berani yang berbicara untuk kebebasan, dan sebuah suara sangat berpengaruh – berbeda dengan pemerintah militer yang berkuasa di Birma.


XS
SM
MD
LG