Tautan-tautan Akses

Birma Ijinkan Bantuan Darurat PBB Lewat Udara


Pemerintah Militer Birma telah menyetujui pengiriman bantuan PBB lewat udara untuk membantu korban topan hebat Sabtu lalu. Bantuan lewat udara itu disepakati lima hari setelah topan itu menghancurkan kawasan ujung selatan Birma, dan menewaskan kira-kira 23 ribu orang. 42 ribu orang lainnya masih hilang.

Kata pejabat PBB 25 ton bantuan akan dikirim dari Italia hari ini. Meskipun Birma menyambut usaha bantuan internasional, masalah visa terus memperlambat usaha untuk menyediakan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan.

Perancis menyarankan agar PBB menyerahkan bantuan langsung kepada rakyat Birma tanpa persetujuan rezim militer yang berkuasa. Kata Organisasi Program Pangan dunia PBB, satu juta orang kehilangan tempat tinggal karena desa-desa mereka hancur seluruhnya.

Kata Paul Risley, pejabat PBB itu, situasi di lokasi bencana kian memprihatinkan. Palang Merah Internasional menyebut topan Nargis bencana dahsyat dan menyerukan pengumpulan bantuan sebesar enam juta dollar untuk membantu korban di Birma.

XS
SM
MD
LG