Tautan-tautan Akses

Serangan Militan Ujian bagi Pembicaraan Perdamaian di Pakistan


Seorang pembom bunuh diri di Pakistan barat laut menewaskan setidaknya tiga orang, sementara keprihatinan bertambah bahwa gencatan senjata antara pemerintah dan militan di daerah itu mungkin akan ambruk.

Pejabat-pejabat polisi mengatakan seorang pembom berbecak-mesin meledakkan dirinya hari Selasa setelah distop polisi di salah satu pos penjagaan dikota Bannu. Seorang polisi termasuk yang tewas.

Serangan hari Selasa itu merupakan yang kedua kali sejak pemerintah koalisi yang baru di Pakistan mulai mengadakan pembicaraan dengan militan yang dipimpin oleh Baitullah Mehsud. Ia dituduh mendalangi pembunuhan mantan perdana menteri Benazir Bhutto.

Komandan Taliban dan terkait-alQaida itu tadinya mengumumkan gencatan senjata semasa pembicaraan berlangsung. Mehsud sejak itu mengatakan mustahil tercapai kesepakatan damai sebelum tentara Pakistan ditarik mundur dari daerah-daerah kesukuan dekat perbatasan Afghanistan.

Jurubicara Angkatan darat Pakistan Jenderal Athar Abbas memberitahu VOA sekalipun dengan adanya laporan-laporan akan kebuntuan itu, pembicaraan terus dilanjutkan.


XS
SM
MD
LG