Tautan-tautan Akses

Morales Sebut Referendum Otonomi di Bolivia Tidak Konstitusional


Penghitungan tidak resmi menunjukkan pemilih di Bolivia timur dengan selisih suara sangat besar telah menyetujui referendum menuntut otonomi lebih luas bagi keputusan regional, tetapi Presiden Bolivia Evo Morales menolak pemungutan suara itu dengan menyebutnya keliru sepenuhnya.

Dalam pidato nasional hari Minggu setelah tempat-tempat pemungutan suara ditutup, Morales menyebut pemungutan suara itu “tidak sah dan tidak konstitusional”. Katanya pelaksanaannya tidak sukses seperti di-inginkan para penyelenggaranya. Dalam pidatonya Morales juga mengatakan dia bersedia membahas otonomi dengan para gubernur wilayah yang menginginkan hubungan lebih longgar dengan La Paz.

Polisi melaporkan puluhan orang luka-luka dalam bentrokan di tempat-tempat pemungutan suara. Media lokal melaporkan, seorang pria usia lanjut tewas sewaktui polisi menggunakan gas airmata untuk membubarkan bakuhantam antara para pendukung dan penentang referendum.

Para pendukung otonomi Santa Cruz menginginkan kendali lebih besar atas sumber daya alam dan pemerintahan wilayah itu. Mereka juga ingin melindungi tanah-tanah pertanian dan peternakan besar dari rancangan redistribusi tanah Presiden Morales.

XS
SM
MD
LG