Tautan-tautan Akses

Lebih 350 Orang Tewas Akibat Badai Tropis di Delta Irrawaddy, Birma


Para pejabat di Birma mengatakan, lebih dari 350 orang tewas akibat terpaan badai tropis dahsyat di delta Irrawaddy dan di kota utama negara itu, Rangoon.

Pemerintah militer telah menyatakan beberapa wilayah yang terkena bencana sebagai wilayah darurat Ahad ini, termasuk Rangoon, juga beberapa propinsi di selatan seperti Yangon, Ayeyawaddy, Bago, Mon dan Karen.

Para pejabat mengutarakan Badai Nargis, dengan kecepatan 190 kilometer per jam, telah menyebabkan kerusakan besar di Rangoon dan di kota Bassein di delta Irrawaddy.

Laporan televisi menunjukkan kerusakan di banyak gedung-gedung masyarakat dan pemerintah, atap-atap yang diterbangkan angina, pohon-pohon tumbang dan tiang-tiang telepon yang rebah menghalangi jalan-jalan. Badai kuat menghantam stasiun radio, televisim telepon dan Internet. Para pejabat PBB di Thailand mengatakan para pekerja kemanusiaan lokal dan internasional berencana rapat di

Rangoon Ahad ini untuk meninjau kerusakan. Tidak ada berita apakah kerusakan karena badai ini akan memberi dampak kepada rencana referendum konstitusi yang akan diselenggarkan.

XS
SM
MD
LG