Tautan-tautan Akses

Bush Usahakan 770 Juta Dollar Bantuan Pangan Baru


Presiden Amerika George Bush telah menyerukan kepada Kongres agar menyetujui bantuan pangan baru sebesar 770 juta dolar guna mengatasi krisis pangan global.

Presiden Bush hari Kamis mengatakan bahwa di beberapa negara paling miskin di dunia, harga-harga yang semakin tinggi dapat berarti perbedaan antara memperoleh makanan tiap hari atau tidak mendapat makanan sama sekali.

Presiden Bush ingin membelanjarakan lebih banyak pada program-program pembangunan pertanian untuk membantu para petani menanam lebih banyak tanaman pangan, dan mengubah cara bantuan pangan diberikan dengan membeli lebih banyak dari para petani di dunia berkembang.

Presiden Bush juga menyerukan kepada negara-negara lain agar mencabut pembatasan ekspor pertanian dan menyingkirkan pembatasan terhadap tanaman yang diubah secara genetik yang ia katakan cukup selamat, dapat melawan kekeringan dan penyakit dan menjanjikan untuk memproduksi bahan makanan yang lebih banyak untuk lebih banyak orang.

Dalam perkembangan terpisah, sejumlah anggota Kongres Amerika menyerukan kepada Presiden George Bush agar memboikot upacara pembukaan pesta olahraga musim panas Olimpiade di Beijing.

Anggota-anggota Senat – termasuk Sam Brownback dari Republik mewakili Kansas dan Senator Demokrat Robert Mendez mewakili New Jersey – mengajukan permintaan itu hari Kamis dalam sebuah jumpa pers dengan para aktivis HAM dan para pengungsi politik.

Mereka juga mengecam tindakan keras Cina baru-baru ini terhadap kaum demonstran di Tibet dan mengutuk pemerintah Cina karena mendukung pemerintah yang dianggap menindas di Sudan dan Birma.

Kaum demonstran yang tidak senang dengan pelanggaran HAM Beijing, menggunakan pesta olahraga Olimpiade mendatang untuk mengungkapkan pandangan-pandangan mereka. Aksi protes besar dilancarkan di beberapa negara ketika berlangsung pembawaan obor beranting.

Cina memulai melakukan penghitungan mundur 100 hari hari Rabu dengan serangkaian perayaan di berbagai tempat di negara itu.
XS
SM
MD
LG