Tautan-tautan Akses

Warga Serbia di Mitrovica Protes Persetujuan Uni Eropa


Sejumlah warga Serbia Kosovo berdemonstrasi di kota Mitrovica di utara, memrotes keputusan Serbia untuk menandatangani persetujuan mengadakan hubungan yang lebih dekat dengan Uni Eropa.

Para pemrotes membakar bendera Amerika dan mengecam Presiden Serbia Boris Tadic karena memberikan izin penandatanganan persetujuan itu.

PM Serbia Vojislav Kostunica menentang penandatanganan persetujuan itu kecuali jika persetujuan itu secara spesifik mengatakan Kosovo adalah bagian tak terpisahkan dari Serbia. Ia mengatakan persetujuan tanpa pasal seperti itu akan merupakan dukungan bagi keputusan bulan Februari yang lalu oleh etnik Albania yang mayoritas di Kosovo untuk memaklumkan kemerdekaan daerah itu dari Serbia.

Lebih dari 30 negara, termasuk AS, telah mengakui kemerdekaan Kosovo. Tetapi Serbia, didukung oleh sekutu tradisionalnya Rusia, mengemukakan kedaulatan atas daerah itu tetap di tangannya.

Pejabat-pejabat Uni Eropa berharap penandatanganan persetujuan sebelum pemilihan anggota parlemen Serbia 11 Mei nanti akan membantu politisi-politisi reformis dalam pemilu itu.


XS
SM
MD
LG