Tautan-tautan Akses

UE-Serbia Tandatangani Pakta untuk Jalin Hubungan Lebih Erat


Jurubicara Uni Eropa mengatakan UE akan menandatangani sebuah pakta untuk menjalin hubungan lebih erat dengan Serbia, Selasa ini.

Sebuah sumber dari kepresidenan Slovenia dalam tubuh Uni Eropa mengatakan, para menteri luar negeri Uni Eropa telah mencapai sebuah kesepakatan, tetapi dengan kondisi-kondisi tertentu. Sumber itu tidak merinci apa kondisi-kondisi tersebut.

Senin kemarin, MenLu Serbia Vuk Jeremic mengatakan, dia berharap dapat menandatangani sebuah persetujuan dengan para menteri Uni Eropa itu Selasa ini yang dapat menghasilkan keanggotaan bagi Beograd.

Para menteri itu kini sedang bersidang di Luxembourg, tetapi MenLu Slovenia Dimitrij Rupl mengutarakan Senin kemarin bahwa dia mengusahakan sebuah kompromi yang dapat memuaskan Serbia sekaligus para anggota Uni Eropa yang bersikap hati-hati terhadap Serbia.

Sebuah kompromi dengan Belgia dan Belanda dicapai dengan kedua negara menuntut tindakan yang lebih besar dari Serbia mengenai penangkapan buronan tersangka kejahatan perang Radovan Karadzic dan Ratko Mladic.

XS
SM
MD
LG