Tautan-tautan Akses

Pendeta Wright: Kritikan atas Kotbahnya, Serangan bagi Gereja Kulit Hitam


Pendeta Jeremiah Wright, mantan pendeta calon presiden partai Demokrat Barack Obama yang kontroversial mengatakan kritikan terhadap kotbahnya adalah serangan terhadap gereja kalangan kulit hitam.

Wright memberitahu para hadirin di National Press Club, Washington hari Senin ini bahwa serangan itu adalah tuduhan tidak adil yang dikutip dari komentar diluar konteks.

Cuplikan kotbah Wright yang mengebu-gebu dari beberapa tahun lalu menunjukkan pendeta itu dengan keras mengecam pemerintah Amerika Serikat atas kebijakannya dan masa lalu yang rasial.

Setelah kontroversi mengenai komentar Wright yang berbau rasial pecah pada bulan Maret, Obama mengutuk keomentar-komentar itu dan menyebut pandangan pendeta itu mengenai Amerika sangat keliru.

Pada hari minggu dalam tayangan di Fox News, Obama mengatakan dia tidak percaya ras adalah isu utama pemilu bulan November.

Obama dan saingannya dari partai Demokrat, Senator New York Hillary Clinton, sedang berkampanye hari ini di negara bagian North Carolina, yang akan mengadakan pemilihan pendahuluan pada tanggal 6 Mei, bersamaan dengan negara bagian Indiana.

XS
SM
MD
LG