Tautan-tautan Akses

Tank Israel Tembaki Rumah di Gaza, Tewaskan Ibu dan 4 Anaknya


Tank Israel menembaki sebuah rumah di daerah Gaza hari Senin menewaskan seorang ibu bersama empat anaknya. Tentara Israel mengatakan pihaknya tengah menyerang kawanan bersenjata Palestina di daerah Beit Hanoun tatkala satu peluru tank menyasar dan menghantam rumah keluarga korban.

Menteri pertahanan Israel, Ehud Barak menuduh Hamas yang menyebabkan insiden itu dengan mengatakan pasukan Israel beroperasi di Gaza karena serangan roket militan Palestina setiap hari ke wilayah Israel. Hamas menjanjikan pembalasan dengan menyerukan serangan roket lebih lanjut ke Israel.

Sementara itu – lewat pernyataan hari Senin, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengutuk kekerasan itu dan mengingatkan kedua pihak agar melindungi penduduk sipil. Para anggota dari sedikitnya tiga faksi Palestina termasuk komite perlawanan rakyat hari Senin bertemu di Mesir membahas kemungkinan gencatan senjata dengan Israel. Mesir memang sedang menggarap kemungkinan serupa dengan pimpinan Hamas.

Di Washington, jurubicara Gedung Putih, Dana Perino mengatakan Presiden Bush akan berkunjung ke Israel, Mesir, dan Arab Saudi dari tanggal 13 sampai 18 Mei. Di Israel, Presiden Bush menemui Presiden Simon Peres, Perdana Menteri Ehud Olmert, mengucapkan pidato di Parlemen Israel dan menghadiri perayaan ulang tahun ke-60 berdirinya negara Israel.

Di Arab Saudi, Bush akan menemui Raja Abdullah dan menghadiri acara memperingati ulang tahun ke-75 hubungan antara kedua negara. Sedang di Mesir, Presiden Bush akan melakukan pembicaraan dengan Presiden Hosni Mubarak, Raja Yordania Abdullah dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Selain itu ia juga mengucapkan pidato tentang Timur Tengah di Forum Ekonomi Dunia.

Menurut Dana Perino, dalam semua pertemuan Bush akan mengukuhkan lagi upaya Amerika ke arah perdamaian dan kemakmuran serta upaya bersama dengan sekutu kawasan dalam memerangi terorisme dan memajukan kebebasan.

XS
SM
MD
LG