Tautan-tautan Akses

Estafet Obor Olimpiade Disambut Demonstrasi di Australia


Estafet obor olimpiade di Australia disambut demonstrasi anti-Cina ketika tiba di Canberra hari ini. Para demonstran di Sydney menggunakan sinar laser untuk memproyeksikan tulisan besar pada jembatan kota Sydney yang berbunyi, ā€™Jangan Bakar Tibet.ā€™

Polisi Australia mengadakan penjagaan kuat menjelang lari estafet hari Kamis, karena kelompok dan aktivis pro-Tibet diperkirakan akan berdemonstrasi. Kata PM Kevin Rudd, para demonstran bebas menyuarakan pendapat mereka secara damai, tapi apabila terjadi kerusuhan, polisi akan bertindak tegas.

Pejabat keamanan kota Canberra mengatakan, obor olimpiade itu tidak akan dikawal oleh para petugas Cina, tapi dutabesar Cina di Australia mengatakan, para petugas Cina itu akan melindungi obor tadi dengan tubuh mereka kalau diserang.

Polisi Australia telah memasang halang rintang sepanjang rute 16 km yang akan ditempuh obor olimpiade itu, dan lebih dari separuh kekuataan polisi kota itu akan dikerahkan untuk tugas-tugas keamanan. Obor itu kemudian akan diterbangkan ke Nagano, Jepang.


XS
SM
MD
LG