Tautan-tautan Akses

Pennsylvania Adakan Pemilihan Pendahuluan Penting Bagi Demokrat


Para pemilih di negara-bagian Pennsylvania hari Selasa mencoblos dalam pemilu pendahuluan krusial bagi Partai Demokrat, yang menurut sebagian besar analis harus dimenangkan Clinton untuk bisa terus menjadi calon dalam pemilihan presiden ini.

Senator Clinton dan saingannya Senator Barack Obama, tampil di berbagai acara berita televisi hari Selasa, memohon pada menit-menit terakhir kepada kalangan Demokrat di Pennsylvania.

Mengenai kebijakan luar negeri, Clinton mengemukan sikapnya yang paling tegas sampai saat ini tentang Iran, dengan mengatakan Amerika akan “melenyapkan Iran secara total” jika Teheran melancarkan serangan nuklir terhadap Israel seandainya ia menjadi presiden. Ia juga mengatakan kemenangan di Pennsylvania, bersama-sama dengan kemenangannya di Kalifornia dan New York, akan membuktikan bahwa Obama tidak bisa menang dinegara-bagaian yang jumlah delegasinya banyak.

Senator Obama mengatakan ia akan menanggapi secara tegas serangan Iran terhadap Israel, tetapi menepiskan kata-kata yang digunakan Clinton seperti ‘melenyapkan” tidak efektif. Obama juga mengatakan meskipun ia tidak berharap menang di Pennsylvania, ia telah berhasil mengurangi keunggulan saingannya di sana.

Obama sedang berusaha untuk memperkuat statusnya sebagai calon terkuat untuk menjadi calon presiden dari partai Demokrat, sementara Clinton akan menghadapi desakan yang meningkat agar mengundurkan diri dari persaingan yang semakin buruk, sekiranya dia tidak memperoleh hasil sebaik yang diharapkan di Pennsylvannia. Mantan ibunegara itu sempat unggul 20 persen dalam angket pendapat umum di kalangan Demokrat di Pennsylvania. Tetapi, Obama telah memperkecil ketinggalannya ke bawah 10 persen dalam beberapa minggu ini. Clinton sedang berusaha untuk menjadi presiden perempuan pertama Amerika Serikat, sementara Obama ingin menjadi presiden dari keturunan Afrika yang pertama.

XS
SM
MD
LG