Tautan-tautan Akses

Obor Olimpiade Tiba di Jakarta Sebelum Relay Yang Tertutup Untuk Umum


Api Olimpiade tiba di Jakarta, dan nantinya akan diselenggarakan relay obor dibawah keamanan ketat di stadion utama. Sebuah pesawat sewaan yang membawa api Olimpiade Beijing tiba dini hari Selasa dari Kuala Lumpur. Sekitar lima ribu tamu akan diijinkan menonton event relay tersebut.

Penyelenggara lokal tadinya merencanakan pelari membawa obor itu mengelilingi kota. Tetapi kata mereka, rencana ini diubah memenuhi permintaan para pejabat Cina. Sekitar 2500 polisi akan ditempatkan untuk meningkatkan keamanan selama relay obor berlangsung.

Penyelenggara mengatakan, beberapa kelompok, termasuk aktivis pro-Tibet, Falun Gong dan kelompok lingkungan Greenpeace merencanakan turun kejalan hari ini.

Relay obor Senin di Malaysia berlangsung tanpa gangguan.

Sementara api ini mengelilingi dunia, obor ini telah menimbulkan protes besar dan kadang-kadang mengacaukan relay obornya.

Dalam relay di Paris, atlit Cina diatas kursi roda, Jin Jing diserang oleh pengunjuk rasa pro Tibet. Penanganan Perancis terhadap insiden ini dan ukuran protes yang terjadi di Paris telah menimbulkan gelombang anti Perancis di Cina dalam hari-hari terakhir.

Dalam usaha untuk menenangkan kemarahan Cina, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy mengirim surat kepada atlit tersebut hari ini, mengutarakan simpatinya.


XS
SM
MD
LG