Tautan-tautan Akses

Presiden Irak: Blok Suni yang Utama Bergabung Kembali ke Dalam Kabinet


Presiden Irak Jalal Talabani mengatakan blok politik Suni yang utama akan bergabung kembali dengan koalisi berkuasa yang dipimpin Shiah setelah blok ini mengundurkan diri dari pemerintah tahun lalu.

Talabani mengatakan Minggu, blok Suni telah mengajukan daftar kandidat mereka untuk kabinet Perdana Menteri Nouri al-Maliki.

Ia membuat komentarnya setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice yang sedang berkunjung.

Ketika berkunjung secara mendadak dan tanpa pengumuman terlebih dahulu, Condoleeza Rice memuji para pemimpin Suni, Shiah dan Kurdi di Irak karena bekerja sama dalam politik. Rice melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki dan pemimpin Irak lainnya sebelum menuju Bahrain dan Kuwait untuk melakukan pertemuan diplomatik.

Sebelumnya, militer Amerika mengatakan kekerasan di distrik Sadr City, Baghdad, sebuah basis kekuatan ulama radikal Shiah Moqtada al Sadr, meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Jurubicara militer Amerika, Letnan Kolonel Steven Strover, mengatakan pasukan Amerika menewaskan 20 orang bersenjata dalam apa yang disebutnya malam paling panas dalam beberapa minggu terakhir.

XS
SM
MD
LG