Tautan-tautan Akses

Cina Menahan Seorang Penyiar Televisi yang Populer di Kota Xining


Pihak berwajib Cina telah menahan seorang penyiar televisi yang juga penyanyi Tibet yang populer di kota Xining, Cina barat-laut.

Para anggota keluarga Jamyang Kyi belum menerima kabar mengenai nasibnya selama beberapa minggu. Suaminya, yang juga seorang wartawan, mengatakan polisi menahan isterinya tanggal 1 April di Xining, ibukota provinsi Qinghai. Para pengamat mengatakan Jamyang Kyi, yang juga terkenal sebagai blogger masalah perempuan, telah menghindarkan thema dan bahasa yang peka dalam musiknya. Belum ada pengukuhan resmi mengenai penahanannya.

Media asing hari Jumat mengukuhkan rincian demonstrasi di selatan Xining yang melibatkan bhiksu dari biara Rong Gochen di kabupaten Rebkong. Sumber-sumber Tibet di pengasingan hari Kamis melaporkan bahwa lebih dari 100 bhiksu Buddha dan orang Tibet lain ditangkap setelah melancarkan demonstrasi damai.

Organisasi ham Tibet di pengasingan yang berbasis di India melaporkan hari Jumat bahwa mantan pemimpin biara yang berusia 80 tahun menderita luka pada kepala dalam penindakan polisi dan dalam keadaan gawat.

XS
SM
MD
LG