Tautan-tautan Akses

Ahmad Gheit: Mesir Sedang Menengahi Pembicaraan antara Israel dan Hamas


Menteri Luar Negeri Mesir mengatakan Kairo sedang mencapai kemajuan dalam merundingkan gencatan senjata dan pertukaran tawanan antara Israel dan organisasi militan Palestina Hamas.

Ahmad Aboul Gheit mengakui hari Jumat bahwa Mesir sedang menengahi dengan diam-diam pembicaraan antara Israel dan kelompok militan itu. Ia mengatakan pembicaraan itu mengenai pertukaran 400 orang Palestina yang ditawan dengan pembebasan tentara Israel Gilad Shalit, yang diculik oleh militan tahun 2006. Pembicaraan itu juga berusaha meyakinkan Hamas untuk menghentikan penembakan misil ke wilayah Israel dan meyakinkan Israel untuk membuka penyeberangan perbatasan ke wilayah Palestina.

Sementara itu, mantan Presiden Amerika Jimmy Carter telah mengadakan pembicaraan yang menghebohkan dengan pemimpin Hamas di pengasingan Khaled Meshaal di Damaskus, Siria, hari Jumat. Carter mengatakan sebelumnya ia akan mendesak Meshaal agar menyetujui penyelesaian damai perselisihan dengan Israel dan dengan faksi Palestina saingannya, Fatah.

XS
SM
MD
LG