Tautan-tautan Akses

Mantan PM Berlusconi Unggul Tipis dalam Pemilu Italia


Hasil tidak resmi pemilihan Parlemen di Italia menunjukkan pendukung mantan perdana menteri Silvio Berlusconi unggul tipis. Pemuka konservatif itu dikatakan unggul 2% dari pemimpin Partai Demokrat dan mantan walikota Roma Walter Veltroni.

Hasil tidak resmi yang dikeluarkan kemudian menunjukkan Berlusconi unggul antara sekitar 5 dan 10 poin di Senat. Namun karena kursi Senat dialokasikan berdasarkan daerah maka perimbangan kekuatan di situ akhirnya tidak jelas. Pemenang akan diminta membentuk pemerintah yang ke-62 sejak akhir Perang Dunia Ke-2.

Pemilihan diadakan tiga tahun lebih awal karena pemerintahan tengah-kiri mantan perdana menteri Romano Prodi jatuh bulan Januari lalu. Pemerintah ini jatuh ketika baru 20 bulan menjalani masa bakti lima tahun.

Dalam perkembangan lainnya, Ketua Partai Demokrat tengah-kiri Italia, Walter Veltroni telah mengaku kalah dalam pemilihan Parlemen. Dalam keterangan yang disiarkan televisi ia mengatakan ia telah menelepon pemimpin partai tengah-kanan Silvio Berlusconi mengucapkan selamat atas kemenangannya. Ucapan itu disampaikan Veltroni setelah proyeksi menunjukkan pendukung Berlusconi unggul sedikitnya 6% di Majelis Rendah Parlemen.

Proyeksi juga menunjukkan pendukung Berlusconi meraih kekuatan mayoritas di Majelis Tinggi Parlemen. Pemenang akan diminta membentuk pemerintah ke-62 sejak akhir perang dunia ke-2. Pemilihan diadakan tiga tahun lebih awal dari rencana karena pemerintahan tengah kiri pimpinan Romano Prodi jatuh bulan Januari setelah baru 20 bulan menjalani masa bakti lima tahun.

XS
SM
MD
LG