Tautan-tautan Akses

Gordon Brown Minta G-8 Ambil Tindakan terhadap Tingginya Harga Pangan


Perdana Menteri Inggris Gordon Brown meminta kepada negara-negara industri kelompok-8 (G-8) agar mengambil tindakan mendesak terhadap harga-harga pangan dunia yang tinggi, yang telah menimbulkan kerusuhan di sejumlah negara.

Brown mengirim sepucuk surat hari Kamis kepada Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda, yang akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak tahunan kelompok-8 bulan Juli. Ia menulis bahwa untuk pertama kalinya dalam puluhan tahun, jumlah orang yang terancam kelaparan sedang meningkat dan harga-harga telah meningkat dengan tajam.

Brown mengatakan harga pangan yang tinggi mengancam akan melenyapkan kemajuan yang telah dicapai di negara-negara berkembang dalam beberapa tahun ini. Ia mengatakan negara-negara demikian perlu dapat memasuki pasar negara-negara kaya, serta memperoleh produksi pertanian yang lebih baik dan peningkatan perdagangan.

PBB dan Bank Dunia menganggap kenaikan harga pangan disebabkan gabungan dari beberapa faktor, antara lain, perubahan iklim, peningkatan permintaan akan biofuel, dan harga energi yang lebih tinggi.

XS
SM
MD
LG