Tautan-tautan Akses

Kapal Perang AS Menyatroni Tiga Perahu-Motor Iran di Teluk Persia


Para pejabat Angkatan Laut Amerika mengatakan sebuah kapal perang Amerika menyatroni tiga perahu-motor cepat Iran di Teluk Persia. Dikatakan hari ini Jumat, USS Typhoon sedang berada di Teluk Persia tengah sewaktu paling kurang satu dari tiga perahu-motor cepat itu mendekati kapal tersebut.

Menurut para pejabat itu, perahu-perahu motor itu terus menjaga jarak setelah kapal perang Amerika itu melepaskan peluru suar peringatan. Tidak jelas apakah perahu motor cepat itu bersenjata. Namun, Televisi Arab Iran melaporkan angkatan laut Iran membantah insiden itu.

Departemen Pertahanan Amerika sebelumnya mengatakan telah terjadi tiga kali konfrontasi antara angkatan laut Amerika dan pasukan laut Iran di Teluk Persia dari Desember sampai Januari. Satu diantaranya berakhir setelah sebuah kapal Amerika melepaskan tembakan peringatan untuk menangkal kapal Iran itu.

Sementara itu, Media resmi Iran hari ini melaporkan, Iran kini mengoperasikan hampir 500 mesin sentrifugal baru bagi pengayaan uranium di fasilitas nuklir. Hari Selasa, Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad mengumumkan rencana Teheran untuk memasang enam ribu mesin sentrifugal baru di Natanz.

Seorang pejabat nuklir senior Iran membantah Iran menghadapi kesulitan teknis dalam memperluas aktivitas nuklir-nya. Iran sekarang ini menghadapi tiga rangkaian sanksi Dewan keamanan PBB serta isolasi internasional karena menolak menghentikan pengayaan uranium, yang dapat digunakan untuk membuat senjata nuklir.

Amerika Serikat telah menuduh Iran diam-diam berusaha membuat senjata nuklir. Iran mengatakan program nuklirnya adalah untuk maksud damai.


XS
SM
MD
LG