Tautan-tautan Akses

Ketua IOC: Protes Anti Cina Merupakan Krisis Terhadap Olimpiade


Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC) Jacques Rogge menyebut protes degil anti Cina yang terjadi pada tiap acara lari beranting membawa Obor Olimpiade merupakan suatu krisis terhadap olimpiade. Namun ia yakin kontroversi itu akan berlalu.

Berbicara kepada wartawan di Beijing hari Kamis, ia mengatakan IOC sedih melihat demonstrasi yang telah mengganggu acara pembawaan obor itu di London, Paris, dan San Francisco.

Namun, katanya, Komite telah dilanda banyak bencana seperti pembunuhan terhadap beberapa atlit Israel pada Olimpiade Munich 1972 dan boikot olimpiade tahun 1980-an. Rogge meminta Cina menjamin kebebasan media dan mendesak Beijing menghormati janjinya memperbaiki rekamnya di bidang hak asasi manusia dalam menuju olimpiade Beijing.

Keterangan Rogge ini memicu penolakan tajam dari jurubicara Kementerian Luar Negeri Cina yang menandaskan agar IOC tidak memasukkan politik ke dalam Olimpiade Beijing. Jurubicara juga tidak membesarkan sebutan krisis dan mengatakan Beijing tidak mau berbicara tentang kinerjanya di bidang hak asasi manusia.

XS
SM
MD
LG