Tautan-tautan Akses

DPR AS Sahkan Resolusi Kutuk Penumpasan Cina di Tibet


DPR Amerika hari ini mengesahkan resolusi yang mengutuk penumpasan yang dilakukan Cina di Tibet. Cina diserukan supaya mengakhiri tindakan kekerasan yang dilancarkannya atas demonstran Tibet, dan mengecam kebijaksanaan Cina yang terus menekan kebebasan beragama, kebudayaan, ekonomi dan bahasa di Tibet.

Ketua DPR Nancy Pelosi adalah sponsor resolusi itu, yang selanjutnya menyerukan supaya Cina segera mengadakan perundingan tanpa syarat dengan pemimpin spiritual Tibet, dalai lama. Juga diserukan supaya Cina mengizinkan wartawan dan pemantau internasional untuk masuk dengan bebas ke Tibet.

Sementara itu, polisi di kota San Francisco bersiap-siap untuk menghadapi kemungkinan adanya demonstrasi anti-Cina sambil ribuan orang berkumpul sepanjang 10 km rute yang akan ditempuh pembawa obor olimpiade di kota itu.

Keamanan diperketat sebelum dimulainya lari beranting untuk membawa obor olimpiade tadi, guna mencegah terulangnya demonstrasi rusuh seperti yang terjadi di London dan Paris.

Kemarin, ratusan aktivis anti Cina berpawai di san Francisco mengutuk penumpasan Tibet oleh Cina.

Obor itu disimpan di tempat yang tidak diumumkan di san Francisco, satu-satu tempat yang akan dilewati obor itu di Amerika utara. Kata para pejabat, jalan yang akan ditempuh pembawa obor itu mungkin akan diubah pada saat-saat terakhir.

XS
SM
MD
LG