Tautan-tautan Akses

Tsvangirai Menyarankan IMF Menunda Bantuan 1 Milyar Sampai Mugabe Meletakkan Jabatannya


Pemimpin utama kelompok oposisi Zimbabwe telah berusaha meningkatkan tekanan internasional, berharap memaksa Presiden Robert Mugabe untuk menerima kekalahannya dalam pemilu presiden bulan lalu.

Pemimpin partai Gerakan bagi Perubahan Demokratik, Morgan Tsvangirai, saat ini berada di Afrika Selatan bagian apa yang disebut para pejabat MDC untuk mengadakan "perundingan tertutup" dengan apa yang mereka sebut sejumlah "tokoh penting."

Para pejabat tadi tidak merincikan keterangan lebih lanjut. Lawatan sehari itu dilaksanakan sementara Tsvangirai menyarankan agar Dana Moneter Internasional menunda bantuan sebanyak 1 milyar dolar bagi Zimbabwe sampai Mugabe setuju meletakkan jabatan.

Dalam komentar-komentar yang diterbitkan Senin ini oleh suratkabar Inggris "Guardian", Tsvangirai mengungkapkan bahwa ketegangan terasa sangat tinggi di Zimbabwe, dan bahwasanya Afrika Selatan, Inggris dan AS semestinya meningkatkan tekanan mereka agar Mugabe menerima kekalahannya dan mengakhiri kekuasaannya yang telah berlangsung selama 28 tahun.

XS
SM
MD
LG