Tautan-tautan Akses

NATO Keluarkan Deklarasi Resmi Komitmen bagi Afghanistan


Para pemimpin negara-negara NATO telah mengeluarkan deklarasi resmi mengemukakan garis besar komitmen mereka terhadap Afghanistan.

Pernyataan itu, yang disebut “visi strategis”, memaklumkan komitmen bersama yang kokoh berjangka panjang terhadap afghanistan. Pernyataan itu berjanji akan memberikan lebih banyak pasukan kepada komandan-komandan militer untuk mengisi kekosongan dalam pasukan ISAF sekarang ini.

Deklarasi NATO itu juga mencakup tujuan membantu melatih pasukan Afghanistan yang suatu hari nanti akan mengambil alih operasi-operasi keamanan di seluruh negara itu.

Strategi itu selesai disusun hari ini dalam sebuah konferensi di Bucharest, Rumania.

Sebelumnya, PM Kanada Stephen Harper mengatakan pasukan negaranya akan tetap berada di kawasan rawan di Afghanistan selatan selama dua tahun melewati komtmen sekarang ini, yang hanya sampai bulan Februari 2009.

Harper mengatakan komitmen pasukan yang baru diumumkan oleh Prancis berarti sekutu-sekutu NATO telah memenuhi persyaratan pokok Kanada untuk tetap menempatkan pasukan di Afghanistan sampai tahun 2011.

Prancis memaklumkan bahwa negara itu akan mengirim batalyon baru yang terdiri dari sekitar 700 pasukan di Afghanistan timur.


XS
SM
MD
LG