Tautan-tautan Akses

Oposisi Zimbabwe Pimpinan Morgan Tsvangirai Klaim Menangkan Pemilu


Kelompok oposisi Zimbabwe pimpinan Morgan Tsvangirai mengklaim kemenangan dalam pemilihan presiden dan anggota DPR. Kata sekretaris-jenderal partai gerakan perubahan demokratik, Tendai Biti, hasil penghitungan suara sementara menunjukkan changirai mendapat 50,3 persen suara, sehingga tidak diperlukan pemilihan tambahan. Ini dikatakan oleh biti dalam wawancara pers di Harare hari Rabu.

Hasil resmi pemilihan anggota DPR menunjukkan partai oposisi itu mendapat 105 atau separuh dari 210 kursi DPR, dan satu kursi diperoleh kelompok independen. Ini berarti partai zanu pf yang berkuasa tidak bisa mendapat 106 kursi untuk mempertahankan mayoritasnya.

Sementara itu, menteri LN Inggris mengatakan, penundaan pengumuman hasil pemilihan presiden menunjukkan penguasa belum mau menerima keputusan rakyat. Kata David miliband, penundaan ini hanya bisa ditafsirkan sebagai taktik yang sudah diperhitungkan dan disengaja.

Sebelumnya, media pemerintah Zimbabwe mengatakan hasil-hasil belum resmi dari pemilu presiden Saptu lalu menunjukkan bahwa pemimpin oposisi Morgan Tsvangirai atau Presiden Robert Mugabe tidak akan berhasil mengumpulkan lebih dari separuh hasil suara, yang mengharuskan diadakannya pemilihan tambahan.

Suratkabar "The Herald", Rabu ini, mengutip seorang analis yang juga mengutarakan, Partai Gerakan Perubahan Democratik dan Partai penguasa ZANU-PF mengumpulkan suara sama banyak dalam pemilihan parlemen yang diadakan pada hari yang sama. Komisi pemilu Zimbabwe belum merilis hasil dari pemilihan presiden, tetapi hasil penghitungan tidak resmi menunjukkan bahwa Tsvangirai berada di depan Mugabe dengan perbandingan suara 49 koma 4 persen berbanding 41 koma 8 persen.

Tsvangirai mengutarakan Selasa kemarin bahwa partainya tidak akan berunding dengan pemerintahan Mugabe sampai hasil pemilu diumumkan. Dia juga memperingatkan bahwa MDC akan merilis hasil penghitungan suara mereka Rabu ini, apakah komisi pemilu akan mengumumkan hasil penghitungannya atau tidak. Masyarakat internasional telah menyerukan agar komisi pemilu Zimbabwe segera merilis hasil pemilu secara lengkap.

XS
SM
MD
LG