Tautan-tautan Akses

Serangkaian Mortir Menghantam Zona Hijau yang Diamankan Ketat di Baghdad


Serangkaian roket dan peluru mortir menghantam Zona Hijau yang diamankan ketat di Bagdad, tempat kedudukan Kedutaan Amerika dan kantor-kantor pusat pemerintahan Iraq. Belum diperoleh laporan korban tewas menyusul serangan itu yang terjadi hari ini Senin. Tetapi serangan gencar kaum militan terhadap Zona Hijau telah menewaskan paling kurang dua warga Amerika dalam sepekan terakhir.

Serangan hari ini terjadi sehari setelah ulama Syiah Moqtada al-Sadr memerintahkan kaum militan pendukungnya menarik diri dari pertempuran di jalan-jalan melawan pasukan pemerintah Iraq dan koalisi. Jurubicara ulama itu Hazem al-Aaraji mengatakan Sadr mengeluarkan perintah gencatan senjata itu hari Minggu untuk menghentikan pertumpahan darah orang Iraq. Al-Aaraji menegaskan bahwa siapa saja yang terus memanggul senjata menargetkan pemerintah bukanlah bagian dari gerakan Sadr.

Kata al-Aaraji, pemerintah Iraq harus menjamin bahwa jika perintahnya agar pertempuran dihentikan, dilaksanakan, pemerintah harus menghentikan serangan dan penangkapan para anggota milisi.

Pertempuran itu telah menewaskan lebih dari 250 orang di berbagai tempat di negara itu sejak Selasa lalu, termasuk di Bagdad dan kota Iraq selatan, Basra.

XS
SM
MD
LG