Tautan-tautan Akses

Bush Tiba di Kiev, Ukraina dalam Lawatannya ke Eropa


Presiden Bush telah tiba di Kiev, Ukraina persinggahan pertama dalam lawatannya di Eropa yang termasuk menghadiri KTT NATO di Rumania dan pembicaraan dengan presiden Russia Vladimir Putin tentang rencana Amerika menggelar sistem senjata anti misil di Polandia dan Republik Ceko.

Penasehat Keamanan Nasional Amerika Steven Hadley mengatakan hari Senin Presiden Bush akan berusaha kuat agar NATO memproses keanggotaan Ukraina dan Georgia dalam persekutuan itu.

Namun, Rusia sudah menegaskan tidak ingin melihat NATO memekarkan diri sampai ke perbatasannya. NATO diduga juga bakal menawarkan keanggotaan kepada Albania, Kroasia dan Macedonia.

Seterusnya Hadley mengatakan, para kepala pemerintahan yang ber-KTT akan mengeluarkan pernyataan tegas tentang tekad bulat NATO untuk berhasil di Afghanistan. Ia mengatakan ada sebagian anggota yang mau memberi sumbangan lebih besar pada misi di Afghanistan.

Presiden Bush juga telah menerima undangan Presiden Putin untuk berkunjung kota wisata Sochi di Laut Hitam untuk membicarakan penggelaran sistem senjata tadi.

XS
SM
MD
LG