Tautan-tautan Akses

Kelompok Oposisi Zimbabwe Klaim Menangkan Pemilu


Gerakan Bagi Perubahan Demokrasi (MDC) yang beroposisi di Zimbabwe telah mengklaim menang dalam pemilihan umum, sementara petugas pemilihan terus memperlambat pengumuman hasil pemilihan umum hari Sabtu.

Hasil terbaru yang dikeluarkan Komisi Pemilihan hari Senin menunjukkan Partai ZANU-PF yang berkuasa dan Gerakan Bagi Perubahan Demokrasi masing-masing meraih 26 dari total 210 kursi Parlemen.

Hasil pemilihan presiden belum diumumkan meskipun pemungutan suara untuk itu sudah berlalu lebih dari 48 jam. Gerakan Bagi Perubahan Demokrasi atau MDC mempertanyakan hasil yang diumumkan dengan mengatakan perhitungannya sendiri menunjukkan pihaknya menang di 96 dari 128 daerah pemilihan parlemen yang hasilnya sudah diumumkan.

Gerakan juga mengatakan bahwa pendiri gerakan Morgan Tsvangirai unggul dari Presiden Robert Mugabe 60 lawan 30 persen dalam pemilihan presiden. Penundaan dalam pengumuman hasil resmi menyebabkan timbul rasa takut kemungkinan hasil suara dicurangi.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika hari Senin berseru kepada Komisi Pemilihan Zimbabwe agar melakukan yang sebenarnya dan supaya suara dihitung setepatnya.

XS
SM
MD
LG