Tautan-tautan Akses

Para Diplomat lebih dari 12 Negara Mengunjungi Ibukota Tibet, Lhasa


Para diplomat dari 12 negara lebih, termasuk AS, mengunjungi ibukota Tibet, Lhasa, Sabtu ini, seizin Cina, untuk mengunjungi daerah itu, sesudah terjadi protes-protes anti pemerintah di sana baru-baru ini.

Kedutaan Besar AS di Beijing mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa peninjauan ke Lhasa itu diatur dengan ketat dan para peserta tidak bisa menyimpang dari jadwal perjalanan, atau melakukan perjalanan sendiri secara bebas. Para delegsi itu juga tidak dibolehkan mengadakan pembicaraan dengan penduduk local tanpa pengawasan.

Kedutaan Amerika mengatakan bahwa peserta dari kedutaan dalam kunjungan itu mendesak Cina agar mengekang diri, melakukan dialog dan menghormati hak fundamental semua warga untuk secara bebas dan tertib melakukan ibadah agama mereka dan mengemukakan pandangan politik mereka.

Peninjauan itu diadakan dua hari sesudah kunjungan serupa yang dikontrol pemerintah oleh para wartawan asing yang diterobos oleh sekitar 30 bhiksu kuil Jokhang yang mengeluh mengenai tidak adanya kebebasan beragama.

XS
SM
MD
LG