Tautan-tautan Akses

Cina Undang Diplomat AS untuk Kunjungi Ibukota Tibet


Amerika mengatakan, Cina telah mengundang diplomat Amerika untuk melakukan kunjungan dengan dipandu pejabat Cina ke ibukota Tibet, Lhasa, tempat berlangsungnya protes anti Cina selama beberapa pekan terakhir.

Jurubicara Departemen Luar Negeri mengatakan kepada wartawan hari Kamis, seorang pejabat kedutaan besar Amerika di Beijing akan berkunjung ke Lhasa hari Jumat dan Sabtu.

Dikatakan, Washington menganggap ini sebagai langkah ke arah yang benar, namun menambahkan. Amerika akan terus menekan Cina agar diberi akses ke bagian-bagian lain Tibet.

Sebelumnya hari Kamis, 30 orang biksu mengganggu rombongan wartawan asing yang sedang mengunjungi Kuil Jokang, dikawal pihak berwajib Cina. Para biksu membantah terlibat dalam protes akhir-akhir ini, dan menyanggah tuduhan Cina bahwa pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama, mengatur protes itu.

Mereka mengatakan, mereka dikunci di dalam kuil dan tidak diizinkan keluar. Setelah itu, jurubicara Departemen Luar Negeri Cina di Beijing mengatakan, ia tidak dapat mengukuhkan apakah para biksu itu dikunci di dalam kuil mereka.

XS
SM
MD
LG