Tautan-tautan Akses

Kremlin Didesak Pertimbangkan Akui Kemerdekaan Dua Republik Bagian Georgia


Parlemen Rusia mendesak Kremlin mempertimbangkan pengakuan kemerdekaan dua republik bagian Georgia yang memisahkan diri jika Georgia menjadi anggota NATO.

Resolusi yang dikeluarkan hari ini oleh Duma menyangkut wilayah-wilayah Abkhasia dan Ossetia Selatan, yang menurut Rusia sangat menentang keanggotaan dalam NATO.

Resolusi yang tidak mengikat itu mengatakan kedua wilayah tersebut memiliki klaim yang lebih kuat untuk diakui dibanding Kosovo, yang deklarasi kemerdekaannya ditentang oleh pemerintah Rusia.

Abkhasia dan Ossetia Selatan menyatakan kemerdekaan dari Georgia awal tahun 1990-an yang mencetuskan perang. Mereka telah menyerukan pengakuan internasional. Georgia telah menuduh pasukan penjaga perdamaian Rusia mendorong kaum separatis dan telah menyatakan tekad akan mengembalikan kedua wilayah itu kedalam kekuasaannya.

Departemen Pertahanan Amerika mengatakan Georgia mungkin tidak bisa menyertai NATO selama bertahun-tahun, sekalipun NATO menyetujui Rancangan Aksi Keanggotaan negara itu pada KTT NATO bulan depan di Bukares.

XS
SM
MD
LG