Tautan-tautan Akses

Cheney Bahas Cara Menstabilkan Pasar Minyak Dunia dengan Raja Abdullah


Wakil Presiden Amerika Dick Cheney melakukan pertemuan dengan Raja Arab Saudi Abdullah hari Jumat dekat ibukota Arab Saudi Riyadh, bagi pembicaraan berlingkup luas mengenai Afganistan, Iraq dan harga minyak dunia yang membubung.

Seorang penasehat dekat wakil Presiden Amerika itu mengatakan pembicaraan akan terfokus antara lain pada perlunya menstabilkan pasar minyak. Pertemuan di tanah pertanian Raja Abdullah itu menyusul gejolak di pasar energi dimana harga minyak mentah membubung ke tingkat rekor tertinggi yang di-ikuti peredaan harga dalam beberapa hari terakhir.

Para pejabat Amerika mengatakan Cheney juga akan mendorong Arab Saudi agar meningkatkan hubungan resminya dengan Irak untuk menghadapi pengaruh Iran yang semakin berkembang di kawasan.

Arab Saudi dan beberapa negara Arab belum menempatkan duta besar untuk Baghdad.

Hari Kamis kemarin di Afghanistan, Cheney bertemu dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai. Kedua pejabat itu mendesak negara-negara NATO agar meningkatkan komitmen mereka untuk membantu Afghanistan dalam memerangi kaum ekstremis dan membangun kembali negara setelah perang bertahun-tahun.

Cheney mengatakan Amerika dan NATO perlu mempertahankan pasukan dalam jumlah yang memadai di Afghanistan untuk menghadapi pemberontak Taliban dan al-Qaida.

Karzai mengatakan tentara NATO akan tetap diperlukan hingga Afghanistan siap untuk melindungi diri sendiri.

XS
SM
MD
LG