Tautan-tautan Akses

Parlemen Kenya Sahkan RUU Kesepakatan Pembagian Wewenang


Parlemen Kenya dengan suara bulat mengesahkan kesepakatan berbagi wewenang yang bertujuan mengakhiri krisis politik yang mematikan di negara itu. Para anggota parlemen hari Selasa mengesahkan dua rancangan undang-undang, salah satu diantaranya amendemen konstitutsi, yang akan memungkinkan pembentukan pemerintah koalisi yang mencakup Presiden Mwai Kibaki dan pemimpin oposisi Raila Odinga.

Para anggota parlemen mengesahkan rancangan undang-undang kedua secara aklamasi, setelah menyetujui yang pertama dengan suara bulat 200-lawan-0. Seluruh kesepakatan itu dirancang untuk membuat pemimpin oposisi Raila Odinga menajdi perdana menteri dengan wewenang yang hampir setara dengan wewenang Kibaki.

Kedua pemimpin dan partai-partai mereka menyetujui kesepakatan itu tanggal 28 Februari setelah berpekan-pekan kekerasan etnis dan politik yang menewaskan lebih seribu orang Kenya.

Kekerasan itu disulut oleh pemilihan presiden yang disengketakan pada bulan Desember, sewaktu mana pihak oposisi menuduh Kibaki melakukan kecurangan dalam penghitungan suara supaya bisa tetap berkuasa.

XS
SM
MD
LG