Tautan-tautan Akses

Obama Mengutuk Komentar Pastor Dalam Pidato Bahas Perpecahan Ras


Calon presiden Amerika dari Partai Demokrat Barack Obama sekali lagi mengutuk pernyataan kontroversial yang dibuat oleh pastornya sejak lama. Dalam pidato hari Selasa di Philadelphia, Obama mengatakan beberapa pekan ini, diskusi mengenai ras telah beralih ke arah memecah-belah.

Obama mengatakan ucapan kontroversial oleh Pastor Jeremiah Wright menyatakan sebuah “pandangan pemutar-balikkan yang mendalam” tentang negara ini.

Berbagai kliping video di Internet menampilkan Pastor Wright bekhotbah secara berapi-api di mana ia menuduh Amerika mempraktekkan “terorisme” dan bahwa kebijakan Amerika yang mengakibatkan serangan teroris Septemberi 2001. Ia juga telah mengatakan pemerintah secara sengaja memperlakukan orang kulit hitam secara tidak baik.

Obama, seorang Senator Illinois, jika terpilih, akan menjadi presiden Amerika keturunan Afrika yang pertama – menambahkan pernyataan semacam itu menghina setiap orang, biar dari ras apapun juga.

Juga hari ini di Philadelphia, saingan Obama, Senator Hillary Clinton, mengatakan pidato Obama difokuskan pada apa yang dianggap Clinton sebagai topik penting.

Ia mengatakan isu-isu ras dan gender rumit dalam kampanye pendahuluan ini. Pidato Clinton terfokus pada Irak, sementara senator New York itu mengatakan ia tidak ragu-ragu dalam komitmennya untuk mengakhiri perang itu.

XS
SM
MD
LG