Tautan-tautan Akses

Pihak Sunni Boikot Pertemuan Antar-Kelompok Politik Yang Bersaing di Irak


Blok Muslim Sunni terbesar di Irak membokoit konferensi di Baghdad yang bertujuan mengatasi perbedaan pendapat di kalangan kelompok-kelompok politik yang bersaingan di negara itu.

Seorang jurubicara untuk blok Sunni tersebut, mengatakan pihaknya tidak diundang sesuai aturan. Ia juga mengatakan keprihatinan blok politik itu tidak didengarkan.

Perdana menteri Irak Nouri al-Maliki, seorang Muslim Shiah, mengimbau para pemimpin politik pada konferensi hari Selasa di Baghdad supaya mendukung rekonsiliasi nasional.

Kelompok lainnya, salah satu partai Shiah yang setia kepada ulama anti-Amerika, Moqtada al-Sadr meninggalkan ruang konferensi setelai dimulai, dengan mengatakan konferensi itu hanya propoganda belaka dan tidak mempunyai substans. Maliki mendapat tekanan dari Amerika untuk mempersatukan faksi-faksi politik yang bersaingan di Irak.

Di Washington, seorang jurubicara Departemen Luar Negeri mengatakan Amerika percaya pada kemampuan para pemimpin politik Irak untuk berkolaborasi dan menyiapkan berbagai kompromi.

XS
SM
MD
LG