Tautan-tautan Akses

Dick Cheney Tegaskan Dukungan Teguh AS Kepada Baghdad


Wakil presiden Amerika Dick Cheney menyatakan dukungan teguh Amerika pada Irak. Hal ini dikemukakannya dalam kunjungan yang tanpa pemberitahuan di muka hari Senin ke Baghdad, hanya beberapa hari menjelang ulang tahun ke-5 penyerbuan pimpinan Amerika ke Irak. Cheney mengatakan pada jumpa pers, lima tahun terakhir merupakan masa yang sulit dan menantang bagi semua.

Namun begitu, katanya, upaya yang ditempuh Amerika berhasil. Jumpa pers itu dihadiri panglima pasukan Amerika di Irak Jenderal David Petraeus dan Duta Besar Amerika Ryan Crocker.

Sebelumnya Cheney menemui Perdana Menteri Nouri al-Maliki membicarakan soal keamanan yang berkaitan dengan Irak dan kawasan. Mereka juga membicarakan pembangunan ekonomi Irak. Sejurus setelah Cheney tiba, Baghdad digoncang beberapa ledakan termasuk satu ledakan bom mobil di kawasan Karrada menewaskan 3 orang.

Sementara itu, polisi Irak menerangkan seorang perempuan pengebom bunuh diri hari Senin menewaskan lebih dari 40 orang dan melukai sampai 70 di dekat Masjid Imam Hussein di Karbala, Irak selatan. Belum ada yang mengaku bertanggungjawab. Masjid itu termasuk salah satu yang paling suci bagi Muslim Syi’ah.

Di lain bagian, militer Amerika mengatakan 2 anggotanya tewas hari Senin ketika membersihkan jalan di utara Baghdad. Sebelumnya pada hari sama terjadi ledakan bom mobil di Baghdad menewaskan 4 orang dan melukai beberapa lagi.

Kekerasan itu terjadi pada saat wakil presiden Amerika Richard Cheney berkunjung di Baghdad sebelum ulang tahun ke-5 penyerbuan pimpinan Amerika ke Irak. Cheney mengatakan ia melihat ada perubahan besar dalam bidang keamanan dan perkembangan politik di Irak sejak kunjungannya terakhir di sana sepuluh bulan lalu.

XS
SM
MD
LG