Tautan-tautan Akses

Rice: AS Pantau Laporan Soal Kaitan Venezuela dan Pemberontak FARC


Mentri LN Amerika Condoleezza Rice mengatakan AS memantau laporan-laporan mengenai tuduhan kaitan antara Venezuela dan pembrontak kiri Colombia tetapi tidak mengatakan apakah AS kemungkinan akan menambahkan Venezuela ke daftar negara-negara yang dianggap oleh AS sebagai pensponsor teror.

Rice mengemukakan komentarnya hari Kamis di ibukota Brazil, Brasilia, dimana ia bertemu dengan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva dan Mentri LN Celso Amorim untuk membicarakan antara lain masalah keamanan regional. Kunjungannya dilakukan setelah terjadi serangan Colombia ke dalam wilayah negara tetangga Ekuador awal bulan ini yang menewaskan pemimpin kunci kelompok pembrontak kiri terbesar Kolombia, FARC.

Venezuela dan Ekuador menanggapi dengan mengambil langkah-langkah diplomatik terhadap Colombia dan mengirim pasukan mereka ke perbatasan dengan Colombia. Pemimpin-pemimpin ketiga negara sejak itu mengatakan mereka telah menyelesaikan krisis itu.

Mentri LN Amerika Condoleezza Rice tiba di Brazil Kamis dalam perjalanan yang akan membawanya juga ke Chili untuk menggarisbawahi apa yang dikatakan oleh Amerika sebagai hubungan yang mantap dengan dua mitra regional yang strategis.

XS
SM
MD
LG