Tautan-tautan Akses

Laksamana Keating: Bertambah Besarnya Militer Cina Ancam Taiwan, AS


Panglima militer Amerika yang tertinggi di Pasifik mengatakan militer Cina yang bertambah besar dengan cepat mengancam kemampuan Amerika dan Taiwan di kawasan itu.

Laksamana Timothy Keating merupakan pejabat pertahanan AS terbaru yang menyatakan keprihatinan mengenai bertambahnya anggaran militer Cina. Ia memberitahu para anggota Senat dalam sidang dengar keterangan hari Selasa bahwa Amerika hanya mempunyai “pemahaman terbatas” mengenai niat militer Cina.

Cina menganggap Taiwan sebagai provinsi yang hendak memisahkan diri dan telah mengancam akan menggunakan kekuatan jika pulau itu bergerak ke arah kemerdekaan resmi. Beijing mengatakan kemampuan militernya semata-mata bertujuan menjagama keamana nasional dan tidak mengancam negara manapun juag.

Laksamana Keating mengatakan ia tidak melihat tanda-tanda kemungkin konflik berkobar antara Cina dan Taiwan. Ia juga menyatakan optimisme hati-hati bahwa pemilihan pesiden Taiwan bulan depan akan mengurangi ketegangan dengan Cina.

Sementara itu, dalam perkembangan terpisah, panglima pasukan militer Amerika di Timur Tengah, Laksamana William Fallon, meletakkan jabatan akhir bulan ini, ditengah-tengah laporan pers yang mengatakan ia berbeda pendapat dengan Presiden Bush soal kebijakan mengenai Iran. Dalam statemen yang dikeluarkan hari Selasa Laksamana Fallon membantah adanya perbedaan pendapat dengan Presiden Bush. Tetapi ia mengatakan persepsi mengenai perbedaan pendapat itu membuatnya sulit bagi dia untuk menjalankan tugas secara efektif di kawasan Komando Pusat itu, yang mencakup Irak dan Afghanistan.

Sebuah tulisan baru-baru ini di majalah Esquire menggambarkan Laksamana Fallon menentang kebijakan Presiden Bush mengenai Iran, khususnya mengenai kemungkinan tindakan militer untuk menghentikan program nuklir Iran. Ketika berbicara kepada para wartawan hari Selasa Menteri Pertahanan Robert Gates mengatakan “ menggelikan” adanya pemikiran bahwa pengunduran diri Fallon menandakan pemerintahan Bush bersiap-siap berperang dengan Iran.

Ia juga mengatakan Fallon mengambil keputusan untuk meletakkan jabatan atas kemauan sendiri, dan bahwa Gates menerimanya. Pernyataan yang dikeluarkan oleh Gedung Putih Selasa petang mengatakan Laksamana Fallon mengabdi kepada negaranya dengan hormat.

XS
SM
MD
LG