Tautan-tautan Akses

Abdullah Mendapat Dukungan dari Para Pemimpin Koalisi dan akan Dilantik Hari Senin


Perdana Menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi mengatakan dia tidak mempunyai rencana untuk mengundurkan diri, meskipun koalisi pemerintah yang dia pimpin menunjukkan penampilan paling mengecewakan dalam sejarah pemilu Malaysia.

Jurubicara perdana menteri itu mengatakan hari ini, Abdullah mendapat dukungan dari para pemimpin koalisi dan akan dilantik hari Senin.

Mantan Perdana Menteri Mahathir Muhammad mengatakan kepada wartawan hari ini, Abdullah telah menghancurkan Koalisi Barisan Nasional. Mahathir menyebut hasil-hasil pemilu itu “mengejutkan”

Sebelum hasil lengkap diketahui, para pejabat pemilu mengatakan Barisan Nasional memenangkan 60 persen dari 222 kursi di parlemen – turun dari sebelumnya dengan menguasai 90 persen.

Barisan Nasional juga menderita kemunduran di tingkat negara bagian, di mana sebelumnya menguasai 12 dari 13 majelis negara bagian. Koalisi kalah di sedikitnya empat negara bagian, Penang, Kedah, Selangor, dan Perak.

Para analis mengatakan kemarahan pemilih atas apa yang mereka lihat sebagai diskriminasi agama dan etnis telah meningkatkan perolehan suara pihak oposisi.

XS
SM
MD
LG