Tautan-tautan Akses

Polisi Malaysia Menggunakan Gas Air Mata untuk Membubarkan Kerumunan Pendukung Golongan Oposisi


Polisi Malaysia menyatakan telah menggunakan gas air mata untuk membubarkan kerumrunan pendukung golongan oposisi yang melemparkan batu dalam pemilu Sabtu ini.

Pihak berwajib menahan sekitar 20 pendukung Partai Islam Pan-Malaysia, atau PAS, yang menghentikan bus-bus yang mengangkut orang-orang ke tps.

PAS telah menuduh koalisi yang berkuasa – yakni Barisan Nasional – mengangkut para pemilih yang tidak terdaftar ke tps-tps untuk melakukan kecurangan terhadap hasil pemilu.

PM Abdullah Badawi telah menyatakan yakin bahwa koalisi itu akan menang, seperti biasanya sejak kemerdekaan Malaysia tahun 1957.

Koalisi tersebut sekarang memegang mayoritas dua-pertiga dalam DPR yang terdiri dari 222 kursi.

Dalam kampanye, para tokoh oposisi berusaha menggerogoti kekuatan koalisi itu dengan memikat etnik minoritas Malaysia-- keturunan Cina dan India-- yang saat ini menjadi anggota koalisi multi etnik yang berkuasa.

Etnik minoritas Malaysia telah mengeluh atas peningkatan diskriminasi oleh mayoritas Muslim negara itu dalam program yang mengutamakan Muslim untuk jabatan pemerintahan, dalam perusahaan, dan pendidikan.

XS
SM
MD
LG