Tautan-tautan Akses

PM Serbia Vojislav Kostunica Umumkan Pengunduran Diri


Perdana Menteri Serbia Vojislav Kostunica mengumumkan pengunduran dirinya, dengan menuduh mitra-mitra pro Barat dalam koalisinya menanggalkan sikap untuk mempertahankan Kosovo.

Perdana Menteri Kostunica mengatakan pada jumpa pers Sabtu bahwa karena pemerintah terpecah mengenai deklarasi kemerdekaan Kosovo bulan lalu maka pemerintah tidak dapat berfungsi lagi. Ia mengatakan, ia akan mengusahakan pembubaran Parlemen dan meminta pemilu dini dalam sidang kabinet hari Senin.

Presiden Boris Tadic yang pro Barat mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia menunggu keputusan kabinet dan akan bertindak menurut konstitusi. Ia membantah pernyataan Perdana Menteri Kostunica bahwa Serbia tidak mempunyai satu kebijaksanaan yang disetujui bersama mengenai Kosovo.

Presiden Boris Tadic menegaskan lagi pendiriannya bahwa Kosovo adalah bagian dari Serbia. Perdana Menteri Kostunica dan Presiden Boris Tadic menentang kemerdekaan Kosovo, tetapi tidak sepakat mengenai bagaimana menghadapi negara-negara yang mengakuinya.

XS
SM
MD
LG