Tautan-tautan Akses

Clinton Memenangkan Pemilihan Pendahuluan di Texas dan Ohio       


Senator Hillary Clinton berhasil membangkitkan kembali kampanye kepresidenannya dengan kemenangan penting dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di Texas dan Ohio Selasa kemarin.

Hillary Clinton mengatakan: "Bagi setiap orang di Ohio dan di seluruh Amerika yang telah dinyatakan tersingkir, tetapi menolak untuk dikalahkan, dan bagi setiap orang yang jatuh namun bangkit kembali, dan bagi setiap orang yang bekerja keras tetapi menolak untuk menyerah, inilah kemenangan untuk anda!"

Dia juga memberitahu para pemilih di Columbus, Ohio, bahwa perjuangannya untuk dicalonkan sebagai calon presiden akan berlanjut sampai akhir. Sementara itu, senator Partai Republik John McCain telah memperoleh nominasi partainya. Selain negara-negara bagian Texas dan Ohio yang kaya delegasi, Clinton juga meraih kemenangan Rhode Island yang memotong rantai kemenangan Barack Obama di 12 negara bagian berturut-turut dalam pemilihan pendahuluan dan kaukus negara bagian. Senator Obama menang di Vermont Selasa kemarin, negara bagian pertama yanag mengumumkan hasil pemilihan Selasa malam.

Obama mengucapkan selamat kepada Clinton dalam pidato kemenangannya di San Antonio, Texas, tetapi menekankan bahwa dia tetap masih memiliki jumlah delegasi yang lebih banyak, dan sedang dalam perjalanan mencapai pencalonan dari Partai Demokrat. Bahkan setelah kalah di 3 negara bagian dalam pemilihan pendahuluan kemarin, Obama masih memimpin kemenangan

dalam pemilihan kaukus di Texas dan berada di depan Clinton. Obama berpidato di depan para pendukungnya sbb:

"Kita mengetahui, bahwa apapun yang terjadi malam ini, kita tetap memiliki jumlah delegasi yang sama seperti tadi pagi dan kita sedang dalam perjalanan menuju nominasi." Demikian ujar Obama.

Sementara itu , McCain akan berkunjung ke Gedung Putih Rabu ini untuk menerima rekomendasi dari Presiden Bush. Menyingkirkan mantan gubernur Arkansas Mike Huckabee di ke-4 negara bagian Selasa kemarin dan merebut nominasi dari Partai Republik.

XS
SM
MD
LG