Tautan-tautan Akses

Timor Timur akan Bentuk Komisi Penyidikan atas Percobaan Pembunuhan


Parlemen Timor Timur merekomendasi agar pemerintah membentuk komisi penyidikan internasional atas percobaan pembunuhan bulan lalu terhadap pemimpin-pemimpin tertinggi negara itu.

Parlemen mengatakan PBB hendaknya diminta untuk ikut membentuk komisi tersebut yang akan menyelidiki serangan penembakan tanggal 11 Februari yang mengakibatkan Presiden Jose Ramos-Horta luka berat. Perdana Menteri Xanana Gusmao juga ditargetkan sewaktu penyergapan terpisah pada hari sama, tetapi ia selamat.

Ramos Horta telah menjalani beberapa pembedahan dan kini mulai pulih kesehatannya di salah satu satu rumah sakit di Darwin, Australia, di mana ia bertemu dengan penjabat-prseiden Fernando Araujo.

Araujo hari Senin mengatakan presiden Ramos Horta telah memaafkan pemimpin pemberontak Alfredo Reinado, yang tewas dalam tembak-menembak di tempat kediamannya. Ia mengatakan Ramos Horta meminta pemerintah supaya menyantuni keluarga pemberontak itu dan mengimbau rakyat Timor Timor menghentikan kekerasan di negara kecil itu.

XS
SM
MD
LG