Tautan-tautan Akses

Dmitri Medvedev Menang Besar dalam Pemilu Presiden Rusia


Dmitri Medvedev, penerus jabatan presiden yang dipilih sendiri oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, telah menang besar dalam pemilu presiden hari Minggu.

Putin mengutarakan: pemilu telah usai. Dia berharap semangat kampanye kini ditinggalkan untuk masa lalu dan menyerukan agar setiap warga yang mencintai Rusia bekerja keras mengabdikan diri kepada tanah air.

Medvedev memperoleh 70 persen suara, jauh di depan Ketua Partai Komunis Gennady Zyganov yang memperoleh 18 persen, dan kandidat ultra nasionalis Vladimir Zhirinovsky memperoleh 10 persen. Hampir seluruh surat suara telah dihitung.

Putin mengklaim kemenangan bagi Medvedev dan memberikan selamat kepada penerusnya yang berusia 42 tahun itu Minggu malam. Kedua tokoh itu bergabung dalam perayaan di udara terbuka di bawah langit berslju di Lapangan Merah Moskow. Medveded telah mengatakan dia akan menunjuk Putin sebagai Perdana Menteri dan meneruskan semua kebijakan Putin.

Meskipun ada klaim-klaim oleh Zyuganov maupun Zhirinovsky tentang kecurangan, Putin mengatakan pemilu itu diselenggarakan benar-benar sesuai konstitusi Rusia.

XS
SM
MD
LG