Tautan-tautan Akses

15 Negara yang Mendukung Kemerdekaan Kosovo Mengadakan Pertemuan


Para utusan dari 15 negara yang mendukung kemerdekaan Kosovo telah mengadakan pertemuan pertama yang ditujukan untuk memberikan bimbingan kepada negara baru itu mengenai pengembangan demokrasi di negara itu.

Kelompok itu Kamis bertemu di Wina, dimana mereka menunjuk utusan Uni Eropa Peter Feith sebagai kepala penghubung dengan Prisitina. Ia mengatakan kelompok itu menolak partisi Kosovo, juga seruan agar dibentuk organisasi keamanan terpisah di kawasan itu.

Kepala Urusan Politik Dept. LN Amerika, Nicholas Burns, juga mengulangi sikap Amerika yang menentang dibagi-baginya Kosovo, tidak peduli bagaimana informalnya hal itu mungkin dilakukan.

Etnik Serbia di Kosovo utara dan beberapa politisi Serbia menginginkan Beograd terus menangani kebutuhan-kebutuhan warga Serbia di negara yang baru saja memaklumkan kemerdekaannya itu, yang mayoritas penduduknya etnik Albania.

Di Beograd, kabinet Serbia menolak usul untuk menghentikan membayar hutang internasional Kosovo. Menteri Pendidikan Serbia mengatakan kepada wartawan bahwa PM Vojislav Kostunica mengatakan menolak membayar hutang Kosovo akan bertentangan dengan kebijakan pemerintah bahwa kemerdekaan Kosovo tidak syah

XS
SM
MD
LG