Tautan-tautan Akses

Utusan 15 Negara Bahas Pengembangan Demokrasi bagi Kosovo di Wina


Para utusan dari 15 negara yang mendukung kemerdekaan Kosovo telah mengadakan pertemuan pertama yang ditujukan untuk memberikan bimbingan kepada negara baru itu mengenai pengembangan demokrasi di negara itu.

Kelompok itu hari Kamis bertemu di Wina, dimana mereka menunjuk utusan Uni Eropa Peter Feith sebagai kepala penghubung dengan Pristina. Ia mengatakan kelompok itu menolak partisi Kosovo, juga seruan agar dibentuk organisasi keamanan terpisah di kawasan itu.

Di Beograd, kabinet Serbia mengadakan pembicaraan tidak resmi mengenai usul untuk menghentikan membayar hutang internasional Kosovo, setelah kawasan itu memaklumkan kemerdekaan dari Serbia pekan lalu.

Berita-berita Serbia mengatakan Mentri Perekonomian Mladjan Dinkic mengemukakan pembayaran hutang hendaknya dihentikan karena pemerintah belum mengumpulkan pajak dari Kosovo sejak tahun 2000.

Kaum nasionalis Serbia mengatakan Beograd harus terus membayar hutang Kosovo sebesar 1,2 milyar dolar untuk mempertahankan klaimnya atas wilayah itu.

XS
SM
MD
LG