Tautan-tautan Akses

Annan Konsultasi dengan Para Pemimpin Kenya, Tangguhkan Perundingan


Mantan Sekretaris-Jenderal PBB Kofi Annan telah menangguhkan negosiasi yang bertujuan menghentikan krisis politik pasca pemilu di Kenya.

Annan hari Selasa mengatakan pemerintah dan pihak oposisi, berputar-putar saja dalam lingkaran dan mengatakan ia beranggapan adalah penting dihentikannya pembicaraan untuk sementara.

Mantan sekjen PBB itu, yang bertindak sebagai perantara dalam pembicaraan itu, mengatakan ia akan berkonsultasi dengan Presiden Kenya Mwai Kibaki dan pemimpin oposisi Raila Odinga untuk mencari jalan mendobrak jalan buntu itu.

Seorang pejabat oposisi mengatakan pihaknya telah memberi uluran tangan yang substantif dalam negosiasi itu, dan ia mengkritik pemerintah karena tidak berbuat serupa. Tetapi seorang wakil pemerintah dalam perundingan itu mengatakan pihaknya merasa ditekan dalam pembicaraan itu.

Selasa pagi, Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice mengritik pemimpin-pemimpin Kenya karena tidak menyelesaikan krisis politik itu. Ia mengatakan tidak ada alasan bagi penundaan lebih jauh.

XS
SM
MD
LG