Tautan-tautan Akses

Carter Ham: Jumlah Pasukan AS di Irak akan Menjadi 140 Ribu Bulan Juli


Pentagon atau departemen pertahanan Amerika mengatakan kehadiran pasukan Amerika di Irak akan tetap lebih besar daripada sebelum peningkatan kekuatan tahun lalu – walaupun setelah penarikan kira-kira 20 ribu pasukan sebelum pertengahan tahun ini.

Kepala operasi Dewan Kepala Staff Angkatan Bersenjata Amerika, Letnan Jenderal Carter Ham, mengatakan ia memperkirakan jumlah pasukan akan menjadi 140 ribu bulan Juli. Ini adalah 8000 tentara lebih besar daripada ketika Presiden Bush memerintahkan pengerahan pasukan tambahan ke Irak tahun 2007 untuk meredakan kekerasan dan membina rekonsiliasi politik. Jenderal itu mengatakan masih terlalu dini untuk memperkirakan pengurangan terhadap pasukan yang beranggotakan 140 ribu itu di Irak.

Sementara itu, jurubicara militer Amerika mengatakan pasukan keamanan Irak telah berhasil dengan sangat baik dalam menangani perjalanan Muslim Shiah yang sedang melakukan ziarah ke Karbala.

Ia mengatakan demikian setelah beberapa serangan terjadi terhadap peziarah hari Minggu dan Senin, yang menurut pihak berwenang Irak, menewaskan paling sedikit 63 orang dan melukai lebih dari 100 lainnya
XS
SM
MD
LG